Hasil fotocopy berbayang sering diakibatkan karena hal teknis pada mesin fotocopy bisa jadi itu disebabkan oleh sparepart yang sudah tidak layak pakai maupun pengaruh setting program pada mesin yang tidak sesuai. Dalam artikel tips kali ini kami akan membahas mengenai hal hal yang sering mempengaruhi hasil fotocopy seperti kurang tajam, berbayang, dan kabur. Penyebab hasil fotocopy kabur kadang kala disebabkan oleh beberapa hal yang jarang kita sadari, mari kita bahas satu persatu agar anda lebih bisa memahami.

Penyebab Hasil Fotocopy Kabur Atau Berbayang

1. Kaca / mirror pada mesin fotocopy kotor

Pada beberapa kasus yang sering kami jumpai hasil fotocopy kabur pada mesin analog sering disebabkan karena kaca atau mirror yang terdapat pada mesin kondisinya kotor, untuk mengatasinya cukup gampang yakni anda cukup membersihkan dengan menggunakan kain kering.

2. Drum lembab kurang panas

Selanjutnya adalah pada bagian sparepart yang terbilang paling mahal yakni Drum. Hasil fotocopy belang, berbayang, kabur tidak jelas sering disebabkan karena panas pada DRUM kurang sempurna. Untuk mengatasinya anda bisa mulai dengan menggosok drum mesin fotocopy dengan cairan Brasso jika hal ini sudah dilakukan tetapi hasil masih belum berubah periksalah bagian heater Drum kemungkinan besar jika drum sering lembab heaternya tidak bekerja secara maksimal.

3. Wire corona kotor

Selanjutnya untuk mengatasi hasil fotocopy kabur adalah dengan mengecek bagian kawat wayer yang terdapat pada Corona, Transfer, dan Pre Transfer. Jika kawat wayernya sudah kotor sebaiknya perlu dibersihkan dengan kain dan cairan pembersih bisa menggunakan sanpoly / tiner / alkohol 70% caranya cukup mudah hanya tinggal dibersihkan kawat wayernya menggunakan kain yang sudah basahi salah satu cairan pembersih tadi atau untuk hasil yang lebih maksimal bisa langsung diganti kawat wayernya.

Oke itulah penjelasan mengenai penyebab hasil fotocopy berbayang dan bagaimana cara mengatasinya, semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini pada jejaring sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *